Iin Tri Kusminarni

Saya adalah pengajar tetap di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Sejak tahun 2000 merantau ke kota pahlawan untuk kuliah di sana. setelah lulus kuliah, saya bekerja d...

Selengkapnya
Navigasi Web
MUJAER GORENG RASA BAKAR

MUJAER GORENG RASA BAKAR

Sejak tadi malam merenung, kupandangi ikan mujaerku yang tinggal seekor. Mau tak apakan ya ? di masak apa ? bingung.

 kemaren beli mujaer sekilo isi lima, gembul-gembul banyak dagingnya karena  ukurannya yang agak besar. Empat ekor sudah ludes, kumasak penyetan sambel terasi. Ini tinggal seekor masak digoreng lagi ?

Ahaa…akhirnya ada ide. Akan kubakar saja ikannya. Tapi masalahnya aku belum tahu bumbunya apa dan gak punya alat untuk bakarnya. Sebenarnya penasaran pengen bisa buat ikan bakar sendiri yang maknyuss.

Jadi ingat bulek yang tinggal di lamongan, adik ipar ibuku. Ramadhan tahun lalu, bulek sekeluarga mengundang kami semua untuk buka puasa bersama di rumahnya. Nah, salah satu menunya adalah mujaer bakar kesukaanku. Bumbunya sedap, meresap sampai ke tulang. Tapi waktu itu gak sempat tanya resepnya karena terburu sholat isya dan taraweh. Nah, sekarang saatnya mencoba. Kuambil HP kemudian menghubungi bulek untuk tanya resep ikan bakarnya. Alhamdulillah siap action, langsung kucoba resepnya karena kebetulan semua bumbu sudah tersedia di dapur.

 

BAHAN

1 ekor mujaer agak besar

Seiris jeruk nipis

Kecap manis sesuai selera

Minyak goreng secukupnya

 

Bumbu halus :

1 siung bawang putih

1 ruas jari kunyit

Sejumput ketumbar

Garam secukupnya

 

Sambal :

2 siung bawang merah

2 siung bawang putih

2 buah cabe besar

3 buah cabe rawit

1 buah tomat

Sejumput jintan

1 ruas jari gula merah

Garam secukupnya

 

Cara membuat :

Cuci bersih mujaer sambil dikerat – kerat badannya

Lumuri mujaer dengan perasan jeruk nipis sampai rata, diamkan kurang lebih 10 menit sambil menyiapkan bumbu halus dan sambalnya

Ulek bumbu halus dan lumurkan ke badan mujaer sampai rata

Goreng mujaer dalam wajan hingga kecoklatan sesuai selera

Sambil menunggu mujaer matang, goreng bumbu sambal (bawang merah, bawang putih, cabe)

Haluskan semua bumbu sambal

Setelah mujaer matang, angkat dan tiriskan

lumuri mujaer dengan kecap manis dan sambal di seluruh tubuhnya

bakar dalam teflon dengan sedikit minyak

bolak balik mujaer hingga sambal meresap

angkat dan siap disajikan

 

Resep bulek Nikmah memang mantap, langsung ludes kita makan bertiga dengan suami dan anakku. Alhamdulillah…..akhirnya aku bisa membuat mujaer goreng rasa bakaran, horeee.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

  

Dirumahajasaatcovid-19, 07 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nyaman,,,

07 Jun
Balas



search

New Post